Banyak orang pergi jauh untuk mencari peluang usaha, ada yang pergi ke kota besar atau metropolitan bahkan ada yang sengaja pergi ke luar negeri untuk mencari peluang usaha. Begitu gigih mereka mencari peluang untuk meraih kesuksesan.

Anda bisa seperti mereka, namun orang-orang yang pergi ke kota untuk mencari peluang usaha terkadang bukan cita-cita atau bukan disengaja tapi karena ada peluang yang secara tidak disengaja menghampirinya seperti ada teman yang telah lebih dulu sukses di tempat perantauan lalu mengajak temannya yang belum sukses, mereka mengalir mengikuti peluang yang ada sehingga terkadang mereka tidak mengeluarkan dana besar untuk itu karena dijamin oleh teman atau saudara yang membawanya.

Pergi ke kota besar atau ke perantauan bisa membuka peluang usaha, namun kalau Anda sengaja mau mengikuti para perantau dan Anda belum punya cukup biaya untuk di perjalanan dan ditempat tujuan sambil mencari peluang Anda harus punya cadangan dana. Sebenarnya di sekitar Anda banyak peluang bisnis, Anda bisa melihat dan mempelajarinya, baik peluang kecil atau besar Anda bisa tangkap dulu, jangan menunda untuk datang peluang besar saja, mengalir saja nanti juga ada jalan.

Berikut ini jasawebs rangkum beberapa cara untuk mencari dan menangkap peluang bisnis di sekitar Anda:

1. Membaca dan menggali informasi

Pepatah mengatakan bahwa jendela dunia adalah informasi, untuk menguasai dunia berawal dari menguasai informasi. Anda dapat mencari informasi peluang usaha, baik di media cetak, di internet, informasi dari teman, keluarga, tetangga, organisasi, dari relasi dan lainnya. Secara sederhana Anda bisa mencari dan menangka peluang usaha dari mendengar cerita orang lain, membaca kisah sukses orang lain yang sangat inspiratif.

2. Memahami kebutuhan pasar

Pengusaha yang sukses selalu memproduksi barang untuk dijual atau berbisnis di bidang jasa dengan terlebih dulu memahami pasar, kalau ada pasarnya, ada konsumennya baru mereka terjun agar tidak memakan waktu lama untuk menjual produk atau jasa mereka. Anda bisa melihat dan mempelajari apa yang dibutuhkan oleh orang-orang atau masyarakat sekitar Anda baik dari segi barang atau jasa. Anda bisa mencoba secara kecil-kecilan dulu kalau pasarnya semakin besar nanti produksi akan mengikuti.

3. Jalan-jalan bersilaturahmi atau wisata

Sekali-kali Anda berjalan-berjalan, bersilaturahmi atau berwisata ketempat yang Anda sukai untuk refreshing dan menghilangkan kejenuhan. Sebenarnya Anda bisa mencari dan menangkap peluang usaha ketika anda berjalan-jalan, jalan-jalan bisa dilakukan ke tempat yang dekat sambil mencari inspirasi.

Bersilaturahmi kepada teman atau saudar juga bisa mendatangkan peluang usaha dengan mencari informasi dan menggali apa yang mereka cari dan mereka butuhkan Anda bisa menawarkan barang atau jasa kepada mereka. Biasanya seorang teman lebih suka membeli kepada yang sudah mereka kenal.

4. Membangkitkan inspirasi dan ide-ide kreatif.

5. Peluang bisnis akan selalu ada selaama ada kemauan dan kreatifitas.

Anda bisa menggali peluang dan menangkapnya dengan mengembangkan ide yang kreatif, Peluang bisa dicari pada waktu, even atau musim tertentu, sepertiwaktu bulan puasa apa yang rame? Anda bisa usaha kuliner untuk orang-orang berbuka puasa, waktu lebaran Anda bisa usaha baju parcel, dan lainnya, musim lebaran haji Anda bisa menjadi reseller domba atau sapi.

Momen tahun baru, musim masuk sekolah dan lainnya bisa Anda jadikan peluang usaha. Anda memerlukan kejelian, keberanian, kretivitas.

image via peluangproperti.com