Ditengah persaingan bisnis yang cukup kompetitif dimasa sekarang ini, entrepreneurship gencar digalakan sebagai langkah percepatan untuk memunculkan para pengusaha baru yang berkepribadian mandiri dan dapat mengatasi setiap permasalahan dirinya maupun lingkungan sekitarnya. Dalam situasi usaha yang makin kompleks dan lingkungan yang berubah sehingga sulit meramalkan keberlangsungan suatu usaha atau bisnis, sangat diperlukan figur-figur pemimpin entrepreneur.

Seorang entrepreneur adalah seorang yang berupaya membangun kemandirian terutama dibidang usaha atau bisnis dengan mengeksploitasi potensi-potensi yang ada dikembangkan dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif diarahkan kepada pemecahan masalah dengan efektif dan efisien agar menghasilkan manfaat dan keuntungan yang sebaik-baiknya. Seorang entrepreneur yang sukses adalah mereka yang berhasil memimpin usaha sekaligus mampu melatih, mendidik dan membenahi bawahannya agar bersama-sama menuju kesuksesan.

Seorang entrprenuer sekaligus seorang pemimpin merusaha membangun kepemimpinan yang baik dalam diri dan bisnisnya, dengan Itikad baik dan mengembangkan ide-ide orisinil, berpandangan dan persfektif ke depan untuk memberikan solusi-solusi yang bermanfaat bagi diri dan orang lain.

Membangun kepemimpinan entrepreneur dimaksudkan agar para entrepreneur atau para pengusaha sekaligus menjadi pemimpin, mereka tidak hanya fokus mencari keuntungan bisnis, tapi lebih dari itu mereka berusaha menjadi pendidik, pemberi solusi dan mengangkat orang-orang yang belum berhasil bagaimana caranya agar menjadi orang-orang sukses. Berikut ini tips untuk membangun kepemimpinan entrepreneur:

  1. Entrepreneur atau pengusaha sukses umumnya memulai bisnis dari nol atau dari bawah. Dengan keuletannya mereka mampu berkembang dan memperoleh kemajuan dari bisnis yang mereka geluti sehingga akhirnya menjadi pengusaha-pengusaha sukses. Berkaca dari hal ini dengan kepemimpinan entrepreneur yang berhasil diraih oleh para pengusaha sukses harus dapat ditularkan kepada orang lainnya.
  2. Membangun jiwa dan sikap seorang pemimpin dengan melakukan hal-hal yang benar dalam arti tidak merugikan orang lain dan melanggar ketentuan yang ada, lebih bijaksana dan berupaya menjadi teladan bagi orang lain terutama bawahannya. Pemimpin entrepreneur mempunyai pandangan ke depan dan selalu bersemangat untuk menjadi terdepan dalam bisnisnya, berani menghadapi resiko, menjadi diri sendiri serta memahami, menyelaraskan dan bisa menguasai lingkungan bukan menyerah kepada keadaan.
  3. Bisa menggerakkan orang lain dan memberikan pencerahan-pencerahan kepada mereka, menumbuhkan rasa antusiasme dan optimisme sehingga orang-orang yangterpuruk atau mengalami masa-masa sulit dapat bangkit kembali semangatnya, serta mau menyediakan dirinya untuk melayani dan memberikan solusi-solusi, melatih dan mendidik, dan menunjukkan kesalahan yang menjadi masalah dan membantu memperbaikinya dengan tanpa pamrih.
  4. Ide-ide orisinal yang dimiliki pemimpin entrepreneur dapat makin dikembangkan sehingga bisa diarahkan untuk membantu sebanyak-banyaknya orang lain meraih kesuksesan.
  5. Pemimpin entrepreneur yang berupaya mencetak dan menunjukkan orang-orang agar sukses, baik melatih pemikiran maupun kemampuan mereka, diharapkan akan berdampak makin banyaknya orang-orang yang tercerahkan dan bersemangat membangun bisnisnya, akhirnya akan menumbuhkan para pemimpin entrepreneur yang baik.

Dimasa yang serba cepat dan persaingan global yang semakin tajam, dibutuhkan para pemimpin entrepreneur yang mapan, baik mapan dari sisi pribadi atau kepribadian, mapan dari segi bisnis, serta mapan dari segi sosial yang mampu mengangkat dan membimbing orang-orang yang kesulitan dalam menjalankan usahanya agar dipimpinnya ke arah kemajuan sehingga dapat sukses dan meneladani kembali sertamengikuti jejek orang yang telah mendidik dan menolongnya untuk kembali menularkan kesuksesan kepada yang lainnya. Dengan cara seperti ini diharapkan dari seorang entrepreneur leader melahirkan 10 orang entrepreneur leader, dari 10 orang ini tercetak kembali 100 orang entrepreneur leader dan seterusnya hingga sebanyak-banyaknya orang bisa mencapai kesuksesan dibidangnya masing-masing.