Seorang entrepreneur sukses adalah orang-orang yang kreatif dan selalu mencoba untuk ber-inovasi memunculkan hal-hal baru dan unik, setelah itu mereka dikenal karena keunikan dan kreatifitasnya.

Anda bisa belajar bisnis dimana saja, belajar bisnis penting bagi orang-orang yang hendak memperluas kemampuan-kemampuan untuk berbisnis dengan lebih baik lagi, walaupun Anda sudah punya bisnis yang mapan, tidak ada salahnya untuk terus belajar.

Orang-orang yang telah sukses dan memiliki bisnis yang besar tidak pernah berhenti belajar, karena sebagian besar produk terutama produk yang berbasis teknologi akan selalu berubah setiap waktu, produk-produk pakaian terutama pakaian wanita selalu berubah setiap waktu mengikuti trend, produk jasa pun selalu mengalami perubahan baik perubahan materinya maupun pola layanannya seiring dengan kemajuan dan datangnya pesaing-pesaing baru yang unjuk gigi dengan produk-produk baru dan unik atau jasa-jasa yang dikemas secara unik.

Kalau seorang entreprener terutama yang menciptakan suatu produk dan memasarkannya tidak melakukan pengembangan di era persaingan yang kompetitif ini, dikhawatirkan akan kalah oleh para pesaing. Untuk mengatasinya, cara yang mudah dan bisa digunakan adalah selalu belajar dimana pun berada.

Anda dapat belajar bisnis ketika berada dirumah dengan mengamati perkembangan produk yang Anda miliki dari segi bentuk, corak, kualitas dan kelebihannya. Kalau Anda pergi ke pasar atau supermarket Anda bisa mempelajari produk, cara pemasaran dan pelayanan mereka. Kalau Anda makan di luar, baik direstoran, atau makan makanan seperti bakso, mie, roti, ayam goreng dan lainnya, Anda pun bisa sambil mengamati dan mempelajari bagaimana rasanya, cara menghidangkan, pelayanan dan lainnya, begitupun kalau Anda pergi ke tempat wisata Anda bisa sambil mengamati dan mempelajari.

Ada hal yang dapat Anda amati dari para penjual dan toko mereka, mengenai produk, cara menjual, pelayanan, desain tempat dan fasilitas-fasilitas lain yang mereka sediakan. Dari hasil pengamatan Anda dapat menyimpulkan kalau ada toko, cafe, hotel atau apa pun ada yang ramai pengunjung atau pembeli dan ada yang sepi pembeli.

urban-438393_640

belajar bisnis bisa dimana saja bahkan saat Anda jalan-jalan via pixabay

Anda dapat pelajari mengapa toko mereka ramai dikunjungi pembeli, apa yang menarik dari toko tersebut sehingga disukai pembeli, apakah produknya, atau pelayanannya atau lainnya.

Apabila Anda seorang pemilik produk Anda bisa melihat-lihat produk pesaing Anda, kelebihan apa yang mereka tonjolkan, dan lainnya.

Begitupun kalau Anda penyedia layanan jasa tidak ada salahnya Anda mengamati sistem layanan yang diluncurkan pesaing. Ada beberapa pengusaha hotel di Bandung sengaja pergi ke Singapore dan ke tempat lainnya untuk melihat dan mempelajari hotel di sana, bagaimana teknologi yang digunakan, tingkat kenyamanan, segi pelayanan yang diterapkan dan lainnya, sebagai inspirasi untuk pengembangan hotel mereka kedepan.

Mereka memperoleh beberapa keuntungan, sambil berlibur, bisa belajar plus melakukan promosi.

Bagi orang-orang yang akan memulai bisnis mereka, melakukan pengamatan dan mempelajari hal-hal yang ada dilingkungan sekitar, dari segi kecenderungan pasar dan lainnya akan sangat bermanfaat untuk bisnisnya, terutama untuk mencari pembeda dengan yang sudah ada.

Entrepreneur kreatif akan selalu mencari daya pembeda produknya atau jasa yang mereka tawarkan dengan produk atau jasa pesaing, daya beda dan keunikan itulah yang akan menjadi daya tarik bagi pembeli atau pengguna jasa. Mereka selalu belajar dimana saja mereka berada, selalu tanggap terhadap informasi dan trend yang muncul yang bisa diambil sisi positifnya dan bisa bermanfaat untuk pengembangan produknya agar tidak ketinggalan.